Tuesday, February 19, 2008

Akibat Angin Kencang, Pohon Tumbang di Jl. Setiabudi

Semarang (Selasa, 19 Februari 2008)









Sebuah pohon yang berada di kompleks Yonif 400 Raiders Semarang pada Selasa (19/02/2008) pukul 12.20 WIB tumbang, akibatnya arus lalu-lintas di dua arah Jalan Setiabudi macet selama 30 menit. Namun kemacetan segera dapat diatasi, setelah beberapa warga dibantu anggota Yonif 400 Raiders memotong ranting dan batang pohon yang melintang di jalan. Pohon tersebut rubuh karena kencangnya angin yang menerpa Kota Semarang beberapa hari terakhir ini.

Menurut keterangan BMG, kecepatan angin di Kota Semarang dalam beberapa waktu dekat ini mencapai 27 knot, sehingga mengakibatkan pohon yang akarnya tidak kuat atau pohon-pohon tua rawan tumbang. Pohon yang tumbang tersebut sebenarnya selain sebagai pohon peneduh juga berfungsi sebagai tempat tinggal burung-burung kuntul yang sudah puluhan tahun menghuni di pohon-pohon di sekitar komplek Yonif 400 Raiders.

Dengan adanya perubahan cuaca yang disertai angin kencang di Kota Semarang diharapkan warga berhati-hati ketika melintas di jalan, karena banyak pohon tua yang rawan tumbang. Keberadaan pohon-pohon disepanjang jalan kota memiliki peran penting dalam menjaga suhu sekaligus peneduh. Namun disisi lain apabila perawatan terhadap pohon-pohon peneduh tidak dilakukan secara kontinyu, bisa-bisa memakan korban. Disini diperlukan peran serta pemerintah kota dengan dinas terkait untuk selalu merawat pohon-pohon yang ada di Kota Semarang.(ST)

No comments: